EAT

Minggu, 23 April 2017

KEMEGAHAN-MU TEMPAT SUJUDKU (PART 2)


Ku angkat kedua tangan 
Memohon karena rasa rindu
Rindu terhadap ayah
Serindu ingin tersungkur dan bersujud di Tanah suci
Tempat ayah terakhir berdoa dan memohon untuk mati dalam keadaan khusnul khotimah. 

Harapanku dapat diberikan kenikmatan 
Selayaknya Allah memberi kenikmatan kepada Ayah menyempurnakan lagi rukun islam yang ke-5.

Alam ciptaan-Nya pun begitu indah untuk kunikmati. 
Sebelum Allah memberI kesempatan.dan kujadikan ini sebagai salah satu rasa syukur atas Segala nikmat yang  telah berikan-Nya kepadaku
Menikmati segala keindahan dan sebagian kecil Ciptaan terbesar-Nya.
Dan tak kulupakan setiap moment untuk mencari dan dapatkan kemegahan-Mu tempatku untuk bersujud.

Allahu Akbar,  Segala kebesaran dan keindahan Ciptaan-MU 

Saat travel, Allah memberi kita kemudahan untuk menggabungkan dan menarik waktu Salat, namun takkan kulewatkan moment untuk mensyukuri nikmat-Nya yang sudah begitu banyak aku rasakan. salah satunya saat mencari tempat bersujud, Tempat kita salat. 

1. BALI
Di Bali, kata banyak orang sulit untuk menjalankan salat dan mencari makanan halal. ternyata mudah. Ada banyak Masjid. Aku mendapatkan kesempatan untuk sholat di beberapa tempat seperti di Mashid At-Taufiq, Brimob Tohpati dan Masjid Al Huda saat menuju Tabanan. Aku ambil foto ini dari google, karena saat itu lupa untuk mengabadikannya :) 


( Masjid At-Taufiq Brimob Tohpati)
gambar diambil dari:http://bali.muhammadiyah.or.id/berita-5147-detail-daftar-masjid-di-bali.html


(Masjid Al-Huda, Kec Kediri-Tabanan)
gambar diambil dari http://www.indoplaces.com/mod.php?mod=indonesia&op=view_region&cid=15&regid=2374


Saat kami menuju Danau Baratan, Kami singgah di Restoran bernama Mentari Restoran. View di Resto ini sungguh indah karena langsung dapat melihat danau Baratan. dingin dan berkabut. Resto ini mengingatkanku pada  Restoran Rindu Alam di Puncak Pass, dingin dan berkabut. Nah, tidak jauh dari Resto dan Danau, Ada Masjid yang bernama Masjid Besar Al-HIdayah Bedugul. Saat itu, kami hanya dapat melihat dari sisi Resto Mentari dan Danau Baratan. Subhanallah. Indahnya. Sayang, kami tidak menyempatkan sholat di Masjid tersebut. 


  http://www.alamy.com/stock-photo-the-big-mosque-masjid-besar-al-hidayah-and-the-shores-of-lake-bratan-93632456.html


2. YOGYAKARTA
Bicara travel ke Yogya, bagiku Travel ke Yogya tiap sudutnya bersahabat. persis seperti lagu yang dibawakan Grup Katon Bagaskara :)  dan selalu terasa kurang jika hanya 3-4 hari. 
untuk beribadah, Anda tidak perlu khawatir untuk menjalankan salat lima waktu. karena Yogya juga dapat dikatakan Daerah dengan sejarah, budaya dan islamnya yang kental. Organisasi Islam Muhammadiyah lahir di Kampung Kauman, Yogyakarta. 
saat travel ke Yogya, suamiku sempat sholat Jum'at di Masjid gedhe Kauman bersamaan dengan Wakil Presiden, Bpk. Yusuf Kalla berkunjung untuk sholat Jum'at juga tepatnya tanggal 1 Januari 2016. Senangnya travel sambil Wisata Rohani.


(Masjid Gedhe Kauman, Alun-Alun Keraton Yogyakarta)
Masjid yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1773 Masehi.

Di sore hari, inilah Masjid yang sangat kami ingin kunjungi. Alhamdulilah, akhirnya tercapai juga. Kami sholat Ashar di Masjid Jogokariyan.com. Masjid yang memiliki prinsip Manajemen : Melayani, Memahamkan ,Mensosialisaikan dan Tanggung Jawab. salah satu aktivis Masjid tersebut adalah Ustad Salim A Fillah. Kata Ustad Salim, masjid itu harus bisa mensholatkan orang hidup. bukan hanya mensholatkan orang yang sudah mati. Menurut Aku, apa yang terjadi dengan Masjid Jogokariyan itu keren. Dari  Masjid yang Jamaahnya cuma segelintir sekarang tiap waktu sholat ramai bahkan mampu menghidupkan/menafkahkan warga sekitar Jogokariyan. That's why aku dan suami sangat ingin menapaki dan bersujud di Masjid tersebut, dan Alhamdulillah, bukan hanya sholat, namun sempat mandi dan bersitirahat sejenak. Semoga kami dapat mencoba menginap di penginapan Jogokariyan di travel Yogya berikutnya 😍

Hadiah Ulang Tahun untuk Suamiku, kesampaian juga salat di Masjid Jogokariyan
😍😍


Sebelum menuju Stasiun Tugu untuk kembali ke Jakarta, Kami sempatkan sholat Magrib di Masjid Besar Pakualaman. Jika melihat penampakan dari depan memang tidak seperti Masjid ya. namun setelah melihat ke dalam cukup luas. Sayang, aku tidak sempat foto bagian dalamnya. di Masjid ini, saat kami datang, aktivitas anak-anak mengaji seperti TPA juga ada, jadi cukup ramai.
( Masjid Pakualaman, Kauman Kec. Paku Alam, Yogyakarta)

Satu "Masjid" yang aku ingin tunjukkan adalah Masjid Aolia. Sebenarnya ini sudah tidak berfungsi untuk salat. Sejarah masjid ini cukup unik. Masjid yang berada Pantai Ngobaran. Pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Konon kabarnya, Masjid ini tempat imamnya mengarah ke selatan, ke laut lepas. Walaupun arah masjidnya ke selatan, warga sekitar yang melakukan sholat disana tetap mendirikan sholat dengan menghadap ke kiblat.

Pantai yang  memiliki beberapa  tempat peribadatan dari kepercayaan yang berbeda antara lain  Hindu, Kejawan, Kejawen, dan Islam. Menurut cerita, hal itu tidak lepas dari pengaruh kepercayaan kepada Prabu Brawijaya V. No Wonder selain ada bangunan Masjid, dii pantai ini juga terdapat banyak patung dan gapura bergaya Bali.  
Aku hanya foto-foto Masjid dan menikmati Pantai yang bernuansa Bali. Masyaa Allah sungguh indah ciptaan Allah .

(Masjid Aolia, Pantai Ngobaran yang menghadap ke Laut Selatan)

View dari dalam Masjid Aolia  

Nabi  Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: 
Barangsiapa yang memelihara sholatnya, niscaya sholatnya akan menjadi cahaya, hujjah, dan keselamatan baginya di hari kiamat. Barangsiapa yang tidak menjaganya, maka ia tak akan memiliki cahaya, hujjah, dan keselamatan. Di hari kiamat kelak akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubaiy bin Kholaf”. [HR. Ahmad dalam Al-Musnad (2/169), Ad-Darimiy dalam Sunan-nya (no. 2/301), Ath-Thohawiy dalam Al-Musykil (no. 3180 & 3181), dan Ibnu Hibban dalam Shohih-nya (no. 1467). Hadits ini di-hasan-kan oleh Al-Albaniy dalam Takhrij Al-Misykah (no. 578)]

Sesibuk apapun kita, jangan lupa sholat. bersujud dan memohon pada Sang Pencinta agar dimudahkan segala urusan. 

Bersambung yaa..
Di tulisanku berikutnya 
Saat travel ke Belitung, Bandung dan Bogor πŸ˜ƒ





Tidak ada komentar:

Posting Komentar