EAT

Minggu, 22 Januari 2017

PATRIOTS DAY-LOYALITAS PETUGAS DAN SISI KEMANUSIAAN



"DUA ORANG BUTUH BANYAK HARI DAN MINGGU UNTUK RENCANAKAN KEBENCIAN TAPI CINTA SEGERA MERESPON."

Itulah kutipan kalimat motivasi  dari Patrick Downes korban luka dari tragedi Marathon Bom Boston yang terjadi pada tanggal 15 April 2013.


Film dengan sutradara Peter Berg yang terinspirasi dari kisah nyata, layak untuk ditonton karena selain saya suka dengan pemeran utamanya, film ini seru dan menegangkan serta  ada juga sisi kemanusian dan pelajaran yang bisa diambil hikmahnya

Secara garis besar film yang baru tayang 15 Januari 2017 di bioskop Jakarta dan sekitarnya ini menceritakan Tragedi Bom Marathon Boston 2013 . Dua orang pelaku menaruh bom "homemade" di tempat garis finish Marathon di jalan Boylston. Saat setelah kejadian korban meninggal 3 orang .Korban yang luka akibat ledakan tersebut sebanyak 264 orang. 


Ada salah satu adegan yang membuat saya mewek saat menonton, yaitu pasangan suami istri yang bernama Patrick Downes yang diperankan oleh  Christopher O'shea dan Jessica Kensky yang diperankan oleh Rachel Brosnahan. Saat kejadian, mereka persis di samping pelaku yang menaruh tas berisi bom.Alhasil mereka berdua harus kehilangan kakinya. Sangat dramatis, mereka berdua terpisah karena ditangani oleh team medis di Rumah Sakit yang berbeda dan bertemu kembali setelah beberapa hari dengan kondisi kaki yang sudah tidak utuh.

Seorang sersan polisi dari Boston yang bernama Tommy Sounders diperankan oleh Mark Wahlberg. Salah satu yang berjasa di Film ini diantara polisi-polisi hebat lainnya. Ia mampu mengindentifikasikan pelaku bom dengan uji TKP bersama tim FBI yang dikomandoi oleh Rick Deslauriers (Kevin Bacon) dan Komisaris Polisi Boston yaitu Ed Davis (John Goodman)
Adegan ini yang seru abis dan menegangkan. 
Intinya dari awal sampai akhir film, emosi penonton campur aduk.

Saya tidak mau berpanjang lebar ceritain film ini. Enaknya nonton sendiri aja yaa hehe

Menurut saya, film ini punya kelebihan dan kekurangan

Kelebihannya:
1. Film ini sangat menginspirasi, salah satunya  dari musibah yang dialami Patrick dan Jessica. Bahwa apapun yang terjadi dalam hidup, hadapi dengan hati lapang dan berpikir positif.Tidak menyerah dan berusaha membawa kebaikan buat orang lain apapun kondisinya. Meski kehilangan satu kakinya, pasca musibah Marathon 2 tahun kemudian, Patrick dapat menyelesaikan marathon pertamanya sampai garis finish tempat tragedi terjadi, berkat motivasi istrinya juga. Judulnya for better or worse selalu bersama dan saling mendukung 

2. Bicara soal polisi.. hhmm, Jakarta perlu contohin Boston kayanya hehe.. ngebayangin, Boston ibukota dan kota terbesar di Massachussets Amerika Serikat, yang luasnya sekitar 232,1 km persegi, mungkin setara Jakarta Barat dan Jakarta Selatan kalo digabungin. Sepertinya jumlah polisi mereka banyak, sampai petugas patroli ditiap gang ada 😊. Sersan Jeff Pugliese dari Departemen Polisi Watertown, wilayah bagian Boston menyatakan beberapa hari setelah kejadian Bom Marathon warga semakin kuat dan tangguh bekerjasama dengan pihak kepolisian

Statement Sersan Jeff buat para pelaku kejahatan di Boston "JANGAN DATANG PADA KAMI KARENA KAMI AKAN DATANG BALIK PADA KAMU." ..wiih keren banget kan.

Menurut saya, kekurangannya hanya satu:
Sosok Tommy Sounders ternyata fiktif 😊
Karena di cerita nyata, ada dua kejadian yang berperan penting. Pertama, penyelamatan setelah pemboman (the patriots) dan ketika pencarian dua pelaku pemboman (Boston Strong) nah yang berperan kan banyak , tidak hanya satu atau dua orang yang menonjol, jadi diambil jalan tengah.Ada sosok  Tommy Sounders ( Mark Walhberg) sebagai perwakilan dari petugas kepolisan yang "terjun" langsung saat kejadian.. hiks..hiks.Mungkin supaya lebih dramatis kali yaa, ada satu jagoan yang ganteng hehe. Ed Davis( John Goodman), komisaris polisi boston ini yang berperan menyatukan team hebatnya.

Menurut saya, itu saja sih kekurangan film ini, kan kalo film base on true story, kepengen tau Real man nya. Contoh, seperti di film Deepwater Horizon, Mark Walhberg berperan sebagai Mike Williams dan sosok Mike memang Real.

Anyway..jika pelaku pemboman kakak beradik Tamerlan Tsarnaev dan Dzokhar Tsarnaev serta keterlibatan Istri Tamerlan, Katherin Russell yang taat beragama dan patuh kepada suaminya yang mengaku muslim.. Menurut saya, mereka bukan Islam, karena jika mereka benar-benar Muslim, mereka tidak akan melakukan hal itu, terlebih alasan atau motif pemboman tidak diketahui sampai sekarang. Ajaran Islam tidak menyakiti saudara-saudaranya. Islam itu Agama yang damai dan mengajarkan "Amal Ma'ruf Nahi Munkar" 
Dan Islam adalah Agama yang " Rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta" termasuk hewan,tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.

Terlepas ada berita yang menyatakan bahwa musibah Bom Boston adalah konspirasi atau rekayasa atau karena sosok Tommy Sounders yang dimainkan Mark Walhberg adalah fiktif, film ini layak ditonton karena: 

Belajar loyalitas terhadap pekerjaan, kekuatan dalam menghadapi musibah serta sisi kemanusiaan, yaitu jangan melihat atau menilai seseorang dari ras,suku atau agama untuk melakukan kebaikan serta membalas kebencian dengan cinta. 

Bukankah itu yang diajarkan Rasulullah kepada kita melalui firman Allah SWT :

هَلْ جَزَآءُ الْاِحْسَانِ اِلَّا  الْاِحْسَانُ 
"Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula)."
(QS. Ar-Rahman: 60)

Dan Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda : 
" Sebaik-baik Manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain."

Aamiin 😇


Ohya,yang penasaran sama Pemeran Reel n Real nya ..cek disini:

www.historyvshollywood.com/reelfaces/patriots-day/







Terima kasih sudah membaca.. semoga bermanfaat dan selamat menonton 😊😍







Tidak ada komentar:

Posting Komentar