EAT

Rabu, 08 November 2017

PADI REBORN


(๐Ÿ“ธ by IG sobatpadibandung)

Bismillahirrahmannirrahiim
Memang sudah dituliskan di lauhul mahfudz. Setiap manusia memiliki jalan hidup dan takdirnya masing-masing. Suka atau tidak semua harus dijalani dengan ikhlas dan penuh rasa syukur.

Seperti jalan hidupku dari aku lahir sampai sekarang saat aku menulis kisahku ini. Selayaknya lagu kenangan yang takkan pernah kita bisa lupakan dan ingin selalu terus  di putar ulang. Masa sekolah SD yang polos .mengenal dan dekat dengan seorang anak laki-laki bisa dikatakan kekasih. Masa SMP ku sempat minder dan kurang percaya diri. Pasalnya, ketika aku duduk di kelas satu di sekolah Madrasah Ibtidaiyah, aku pindah ke sekolah negeri untuk meraih SMP negeri favorit ku saat itu. Eehh, alih-alih , NEM ku kurang untuk masuk negeri dan kembali takdir ku bertemu dengan teman SD kelas 1 aku di sekolah Islam satu yayasan yang sama  saat aku SD tersebut. 

Namun aku tak patah semangat. Aku belajar giat sampai masuk dan diterima di SMA negeri. Jenjang strata 1, aku gagal masuk sastra Inggris. Namun dengan semangat tinggi, Aku jalani bangku kuliah jurusan Ekonomi Manajemen. Jurusan yang bukan minat dan bakatku. Di  bangku kuliah inilah lembaran kisah cintaku terurai.

Sejak SMP aku suka pelajaran bahasa Inggris karena gurunya. Aku semangat sekolah dan suka dengan pelajaran tergantung dengan guru yang mengajar. Aku suka bahasa inggris selain karena pa Ajid, juga karena aku sering mendengar lagu barat dari kakakku . Aku nyanyikan, catat liriknya dan hafal dengan sendirinya. Kebiasaanku mencatat lagu barat saat tiap malam senin di radio Sonora mendikte dan membahas satu lagu  tiap minggunya. Diartikan oleh penyairnya setelah selesai diterjemahkan lagu tersebut diputar ulang kembali. Lambat laun Aku belajar bahasa Inggris dari situ. Ada kata atau vocabulary yang tidak kumengerti aku cari di kamus . Aku tulis artinya di atas kata yang sudah aku garisbawahi terlebih dahulu. 

Gara-gara kakak ku, mendengarkan Lagu menjadi salah satu kegemaran buatku. Rasanya tuh kalau ada syair yang cocok dengan pengalaman pribadi jadi merasa iih itu gue banget.. kadang geer sendiri, nangis saat dengerin lagu yang mellow dan banyak lagi perasaan-perasaan yang muncul saat mendengar lagu.

Beberapa hari lalu, tiba-tiba aku flashback ke tahun 1997 an. Mau tau kenapa? Karena aku baru lihat di sosmed ada di timeline ku dengan tulisan “PADI Reborn live on RCTI at 22.15 .“
Grup band PADI beserta lagu-lagunya memang sangat mengisi banyak kenangan-kenangan manis buatku. Moment di awal kuliah. Fadly sang vokalis. Ngga tau kenapa lihat gaya nya dia lagi nyanyi kok cool banget, trus kayanya tuh humble dan ga neko-neko. Ini  penilaianku hanya lihat dia nyanyi di TV. Apa lagi Piyu sang gitaris liat dia main gitar tuh kayanya gmana gitu hehehe. Sama kepincut dari ciptaan syair lagu-lagunya itu loch. Anehnya PADI dengan adanya Fadly  beserta lagu-lagunya membuat energi positif buat ku.

Kalau tidak salah dengar pada tahun 2010 PADI diberitakan Libur dulu tapi tidak bubar. Mereka hanya OFF sementara . Rasa sedihnya itu luar biasa. Meski aku kurang memahami apa penyebabnya . Meski Aku suka grup band PADI  dan lagu-lagunya, Aku ngga yang terlalu fanatik. Fadly bergabung di MUSIKIMIA pada tahun 2012 dengan judul "Haruskan kita seperti ini" menghilangkan rasa rinduku terhadap band PADI.

        Waktu berlalu, namun aku masih menyelipkan beberapa lagu PADI  playlist di Leptob dan di Handphone.
Honestly, Aku sudah ngga sabar untuk nonton konser PADI reborn di sabtu ini tanggal 10 November 2017. Kok sepertinya energi dan semangat aku membara sampai berimbas ke ide-ide aku dalam menulis. Apalagi setelah aku mengikuti Jumpa Penulis pada tanggal  15 Oktober 2017. Aku follow  IG nya Ippo Santosa, kok Fadly bisa deket sama motivator ngetop tersebut. Tambah bahagialah aku dibuatnya (apa lagi jika aku bisa tatap muka dan foto bersama Fadly yaa!! Hehe, itu salah satu mimpiku juga).

Masih penasaran kenapa Fadly bisa deket sama Ippo juga Aku belum cari tahu. Apa Fadly mau jadi motivator seperti Ippo? Waah sepertinya sih iya, dan aku sangat bahagia sekali jika itu benar. Yang Aku tau saat  ku nonton konser Maher Zain di Jakarta tahun 2011, Fadly juga menbawakan lagu Insyaa Allah, membuat ku berpikir Alhamdulillah, seperti nya dia sudah hijrah. Semoga istiqomah. Batin ku saat itu. 

Ada kisah sendiri saat masa-masa kuliah. Seolah kehidupan ku berada di tiap syair lagu-lagu PADI Entah mengapa? Dan saat aku menemukan cinta sejati ku pun seperti ada dorongan dari lagu-lagu PADI.  Fadly sendiripun seperti sebagai sosok yang bisa menjadi panutan dan inspirasi ku sejak aku menyukai lagu-lagu PADI.  Kembali muncul nya PADI,   menjadi  dan terinspirasi dengan kembali  hadirnya Fadly dan PADI menjadi motivasi tersendiri buatku. Sepertinya agak berlebihan. Tapi yang kurasakan demikian adanya. 

Rasa cinta, harapan dan semangat. Seolah kehidupan ku berada di tiap syair lagu-lagu dan aku dapat buktikan sekarang dengan kisahku ini.

1997, Saat Aku kuliah, Aku punya sobat laki-laki dan dekat denganku sebut saja namanya Fadli . Fadli  punya sobat semasa SMA sebut saja Piyu. Piyu naksir padaku tapi aku ngga naksir dia. Aku dan Piyu sempat beberapa kali jalan. Ia sempat nembak aku , namun aku tolak. Aku dan fadli dekat sampai akhirnya singkat cerita aku anggap Fadli paling special dalam hidupku saat itu, begitupun sebaliknya.. Ternyata Piyu mengetahui perasaan kami berdua. 

SOBAT maafkan aku mencintainya aku tak bermaksud membuatmu sungguh tak berarti. 

Aku tolak piyu, aku semakin dekat dengan Fadli. 

Suatu hari Aku TERBAKAR CEMBURU, cemburu buta tak bisa kupadamkan amarah dihatiku. Sakit menahan sakit hati menyimpan perih tak bisa kuterima apa yang ku alami. Ibaranya jantung hati tersayat pedang tajam betapa sakitnya kurasakan itu. Dan kini aku tau ku sangat  mencintaimu. mungkin selama ini ku salah. Tak pedulikanmu setulusnya hatiku. 
Aku merasa cemburu ketika Fadli bertemu teman ceweknya dan bersenda gurau. Akupun tak tau kenapa perasaanku seperti itu kepada Fadli padahal dia tidak pernah menyatakan bahwa dia suka atau cinta. 

Namun perilakunya yang membuat aku merasa diperhatikan dan dicintai olehnya. Bagiku, toh cinta bukan hanya sekadar kata. Cinta bukan hanya pertautan hati cinta bukan hasrat luapan jiwa. Cinta TAK HANYA DIAM.

Waktu cepat berlalu, Aku lulus kuliah dan Fadli masih mengejar sidang skripsinya. Jadilah aku yang lulus dulu lebih cepat satu tahun darinya. Ada hal yang membuatku kurang sreg tapi aku percaya ia bisa menjadi lelaki yang lebih baik dari sebelumnya.  

Kini Aku temukan telah aku dapatkan jauh sudah tersimpan SESUATU YANG INDAH dari dirimu. Semoga aku bisa dan mungkinpun aku mampu untuk dapat memberikan tulus hatiku

Sejak dekat, ada keraguan dalam hatinya, Ia takut aku tak bisa menjadi Sobat nya lagi dan takut kehilangan aku. Jadilah dia takut berkomitmen denganku. Tiap saat dan tiap waktu aku selalu memotivasi dan meyakinkan Fadli jika ia lelaki yang baik dan bisa bertanggung jawab jika ia berkomitmen dan mengambil langkah untuk melamar aku.   Masih belum ada jawaban dan aku pasrah. Aku hanya bisa berdoa dan semoga Allah berikan yang terbaik.  "Bukakan pintu hatinya dan hatiku jika memang kami berjodoh." Lirihku.

Apalah arti hidupku ini, memapahku dalam ketiadaan. Segalanya luruh lemah tak bertumpu. Hanya bersandar pada dirimu. Ku tak bisa sungguh tak bisa mengganti dirimu dengan dirinya. Coba tuk melawan getir yang terus kukecap. Meresap ke dalam relung sukmaku. Coba tuk’ singkirkan aroma nafas tubuhmu. Mengalir mengisi laju darahku. SEMUA TAK SAMA. Tak pernah sama. Apa yang kusentuh. Apa yang kukecup. Sehangat pelukmu. Selembut belaimu. Tak ada satupun yang mampu menjadi sepertimu. Sampai kapan kau terus bertahan. Sampai kapan kau tetap tenggelam. Sampai kapan kau meski terlepas. Buka mata dan hatimu relakan semua.. 

2002, aku bekerja di sebuah sekolah taman kanak-kanak Montessori. Tahun itu ada duka di kehidupanku. Ada kista di Rahim kanan ku dan harus di angkat kista tersebut.  
Sudah, terlambat sudah, kini semua harus berakhir. Mungkin inilah jalan yang terbaik. Dan kita mesti relakan kenyataan ini.

Aku takut Fadli berubah sikapnya setelah tahu aku punya kista. Ternyata aku salah, Fadli tetap menjadi  sobat dekatku yang selalu menghiburku dengan kejenakaannya.

Bukankah ku pernah melihat bintang. Selalu menghiasi sang malam. Yang berkilau bagai permata. Menghibur yang lelah jiwanya. Yang sedih hatinya.

Alhamdulillah, penyakitnya sudah di angkat . Saat itu, Aku merasa minder. Aku takut jika aku menikah, Aku tidak memiliki anak. Aku tak seceria sebelumnya.  Tapi dengan sikap Fadli dan perhatian darinya, aku kembali percaya diri.

“Tetaplah menjadi bintang di langit agar cinta kita akan abadi. Biarlah sinarmu tetap menyinari alam ini. Agar menjadi saksi cinta kita berdua.”

Karena takdir Allah, jodoh dipertemukan. 2005 aku menikah dengan sobatku. Yang aku kenal baik, lucu dan perhatian. Ia sayang sekali dengan ibunya. Ialah Fadli. 

Segala kebaikan tak kan terhapus oleh kepahitan. Kulapangkan resah jiwa. Karna kupercaya kan berujung indah. Kau membuatku mengerti hidup ini. Kita terlahir bagai selembar kertas putih. Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai dan terwujud HARMONI.   

Puji syukur kehadirat Illahi Rabbi, Aku dan Fadli sudah 12 tahun bersama dan semoga menua sampai ke Surga-Nya bersama. Allah memang belum memberikan anak. Allah akan persiapkan segera indah pada waktunya. Kebersamaan kami dengan belum hadirnya buah hati tak mengurangi rasa sayang dan cinta kami. Cinta kami karena Allah. 

Dan TERNYATA CINTA yang menguatkan aku. Dan ternyata cinta tulus mendekap jiwaku.

Now, meski aku tahu tak bisa hadir di konser PADI reborn ☺, InsyaaAllah aku nonton di layar kaca saja. Berharap aku bisa bertemu dengan Fadly langsung saat moment seminar motivasi bersama Ippo Santosa barangkali. InsyaaAllah.. Aamiin. Who knows.. well, last but not least, sukses buat PADI. I cant hardly wait to watch the concert. ❤❤

(๐Ÿ“ธ from IG Ippo Santosa)
Nyesel ngga ikut acara seminarnya ๐Ÿ˜ข





Senin, 06 November 2017

SEKOLAH INKLUSI

Assalamualaikum..


Senangnya, bisa memberi semangat kepada rekan-rekan guru untuk sama-sama belajar menulis. Kali ini, Aku dan Kepala Unit SD Lazuardi Cordova meminta kepada guru-guru untuk menulis tentang sekolah Inklusi. Mereka cukup antusias. Aku pilih yang sesuai kriteria dari isi dan kepenulisannya.


Aku tampilkan hasil tulisan dari Rekanku yang bernama Ms Maria Ulfa. Tahun lalu Aku pun sempat menulis cerita tentang dia yang sudah lama menanti buah hati. Puji syukur, Allah telah mengamanahkan putri yang cantik yang kelak menjadi anak yang sholehah dan menjadi kebanggaan buat kedua orangtuanya. Semoga bermanfaat 

***

SEKOLAH INKLUSI- MENELADANI  RASULULLAH DALAM  MENDIDIK ANAK


Tepatnya awal tahun 2012 pertama kali aku mendengar kata inklusi.  Saat itu aku mencoba melamar pekerjaan ke sebuah lembaga pendidikan, Yang sebelumnya tak pernah terpikir olehku akan terjun ke dunia pendidikan, mungkin sudah kehendak Allah Aku  diarahkan untuk belajar di Lazuardi Cordova . Dari Lembaga pendidikan Lazuardi Cordova inilah aku mengenal istilah inklusi. Inklusi yang mungkin bagi beberapa orang (termasuk aku saat itu) awam mendengar kata tersebut. yaa di Lazuardi yang sampai saat ini tempatku belajar dan mengajar menerapkan pendidikan inklusi. Bagi ku sekolah inklusi termasuk salah satu sekolah yang spesial, termasuk orang-orang yang berada di dalam  pendidikan inklusi, karena tidak semua sekolah dapat menerapkan pendidikan inklusi tersebut.  
Apa sih pendidikan inklusi? Dari beberapa refensi hasil contekan di mbah google, dapat disimpulkan pendidikan inklusi adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak normal pada umumnya untuk belajar.
Yaa.. karena anak yang berkebutuhan khusus juga memiliki hak yang sama dengan anak pada umumnya dalam kesempatan mendapat pendidikan yang layak dan terbaik. Pendidikan merupakan hak semua warga negara tanpa memandang status sosial, ras, etnis, suku dan bangsa, termasuk anak berkebutuhan khusus. Di Islam pun dalam fikih ada keringanan tersendiri bagi orang yang berkebutuhan khusus yaitu ada kemudahan dalam menjalankan setiap kewajibannya. Seperti wudhu, bagi tuna netra dibolehkan tayamum. Dan seperti sholat bagi orang berkebutuhan khusus atau sakit bisa sholat dengan duduk atau bahka jika tidak mampu duduk dengan berbaring.

Semua yang berada dalam lingkungan sekolah yang memakai pendidikan inklusi harus saling belajar  bekerjasama dan berperan aktif dalam tercapainya pendidikan inklusi yang sesuai harapan,  baik guru, teman, terapis khususnya, bagian umum dan civitas yang ada di sekolah tersebut. Memanglah tidak mudah, namun jika ada kerjasama yang baik oleh semua pihak insyallah akan berhasil baik untuk anak berkebutuhan khusus maupun yang normal.
Dan sedikit mengambil kata-kata pak Munif Chatib setiap institusi sekolah di dalamnya ada manusia. Proses belajar mengajar akan berhasil apabila di lakukan secara manusiawi. Sekolahnya manusia memotret keragaman gaya belajar para siswanya lalu guru mampu masuk dalam dunia siswanya. Proses inilah yang mempunyai nilai seni tinggi.
Alhamdulillah di sekolah tempatku belajar dan mengajar selain mengikuti pendidikan inklusi, guru-guru juga dituntut mengajar dengan cara yang menyenangkan.
Karena memang dalam Islam Rosulullah pun telah mencontohkan bagaimana cara mendidik anak, ada 4 cara Rosulullah mendidik anak yaitu:

1.      Tidak pernah memarahi anak –  anak.
2.       Bersabar dalam menghadapi dan dalam mengajar.
3.      Mengajar dengan cara yang menyenangkan.
4.      Dengan lebih dahulu mengajarkan (mencontohkan).

Dari pendidikan inklusi ini tidak hanya anak yang berkebutuhan khusus yang diuntungkan, bagi anak yang normal keberadaan anak-anak dengan kebutuhan khusus ini ternyata juga memberikan dampak positif pada anak-anak lainnya. Yaitu, mereka akan belajar perbedaan, dapat tumbuhnya kasih sayang dan rasa empati, pengertian kepada teman-teman spesial mereka ini. Hal ini sangat posistif dan akan sangat bermanfaat bagi kesuksesan hidup mereka kelak.
Tidak hanya anak-anak, akupun pribadi dari sekolah tempatku bekerja, aku  belajar banyak hal baru, mulai dari sosial emosi, dunia pendidikan dan berbagai pengalaman baru. Di tahun ke 5 aku bekerja di Lazuardi, Tepatnya saat ini lebih mensyukuri dengan lingkungan kerja yang aku jalani saat ini. Aku ingin terus belajar dari anak-anakku, teman-temanku dan lingkunganku. Semoga rasa syukur, empati, dan kasih sayang  yang tumbuh dilingkungan inklusi ini , akan tumbuh juga di diri anak-anakku kelak.

Aamiin. semoga bermanfaat 

Aku, Miss Ulfa dan Siswa Pra-TK ๐Ÿ˜๐Ÿ˜


Sabtu, 21 Oktober 2017

JUMPA PENULIS

DEWA EKA PRAYOGA


Bismillahirahmanirrahiim
Setelah vakum beberapa bulan. Karena kesibukan dan alasan yang tidak masuk di akal lainnya (dengan kata lain banyak alasan) hehe, akhirnya, bisa aktif lagi di blog ini.

Minggu, 15 Oktober 2017, Alhamdulillah Aku kesampaian juga mengikuti acara JUMPA PENULIS di Taman Ismail Marzuki. Acara tersebut diselenggarakan oleh KMOIndonesia.

For some years, I've been dreaming to keep writing and writing. Meet My Inspiring  Favourite Writes How I'm so THANKFUL and GRATEFUL.
Senangnya tidak bisa diukir dengan kata-kata dech. Kerennn 100% Acaranya. Very good job buat Panitia penyelenggara dan Penulis-penulis yang mengisi materi tersebut.

Ada Tere Liye di awal acara. Kang Ahmad rifa'i rif'an , Kang Tendi Mukti selaku Founder KMO Indonesia (Komunitas Menulis Online). Sang motivator penulis 7 keajaiban Rezeki. Ippo Santosa  Ada juga Bunda HelvyTiana Rosa, Asma Nadia dan Kang Dewa Eka Prayoga.

Naah, Aku akan paparkan  isi  materi dari Cowok muda yang pastinya mengisipirasi. Aamiin


Dewa Eka Prayoga adalah Pengusaha muda yang menghasilkan milyaran rupiah namun di uji dengan tahta harta wanita, sempat jatuh, bangun kembali. Owner billiouner Store dan  juga penulis. Kisahnya di bukukan oleh Asma Nadia (Bidadari Untuk Dewa) novel yang sangat menginspirasi dan banyak hikmah yang dapat diambil. Asli, buku ini keren. Bahas Cinta, Kegagalan usaha, Ujian senang dan sedih semua jadi satu dibalut dengan mitologi Yunani. yang belum punya sok atuh beli hehehehe ☺.
***

Pasti sudah pada tau dan sering dengar hadits ini:
"Barang siapa yang menunjukkan kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala serupa seperti pahala orang yang mengerjakannya".
(HR. Muslim)

Dasar niat/visi ketika melakukan sesuatu yaitu hadits di atas.
misal: Menulis karena niat  untuk bisa dijadikan pelajaran/hikmah bagi pembaca.
Mau kaya boleh tapi niatnya untuk berbagi kepada fakir miskin. Cakeep kan

Kata Kang Dewa:
1.Rencanakan seperlunya
2.Action sebanyak-banyaknya
3.Doa "sekenceng-kencengnya"
4.Sedekah sebanyak-banyaknya.

Tips DEWA SELLING
1. MINDSET-niat-visi-impian?? Diluruskan
2. BELIEF
    * PD (Percaya DIA)
    * Jika orang lain bisa SAYA pun (BIIDZNILLAH) Pasti BISA
    *Bukan sulit hanya perlu BELAJAR lebih giat
    * No SELLING Dying !

The Secrets
1. Personal Branding. Bangun personal brand yang kuat di niche/lingkungan anda.
#STRATEGI1- MANTRA:"Sharing-sharing dahulu, Selling-selling kemudian".
#STRATEGI2: makin narsis, makin eksis, makin laris
#STRATEGI3: jadi expert/ahli - harus orisinil/outentik

Makanya ketika menulis
"Write something Not Everything"
Jangan semua di tulis/komen. Pilih satu keahlian nya saja. Mau nulis tentang apa nich. Kalau jualan mau jualan apa nich.

2. List Building. Do extreme list building (all sosmed: email. FB.IG.telegram. twitter. Pixel.  List gmail (database). FB grup. WA grup. ->build connection as many as you can.

3. Cyber Army (pasukan digital)
   Step 1. Rekrut 2. Bina 3. Komporin.

Contoh di kasus penjualan buku Bidadari utk Dewa

Contoh buat paket seperti ini. Ngajak orang berbagi juga


Biasanya kalau cewek suka mikir-mikir, nah di kunci dengan rentetan voucher atau promo-promo lain.



Last but not least
"Tidak semua yang kita rencanakan pasti akan berhasil, apalagi tidak merencanakannya..".

Teringat juga kata-kata yang SUPER nya Beliau.
Jika kita pernah atau sering diremehkan  atau dicemooh. FOKUS pada 3 hal ini saja:
1. Lakukan saja hal yang benar
2. Kerjakan sesuatu yang benar, dan
3  Biarkan hasilnya yang berbicara.

Hhmm, jujur sampai detik Aku menulis resume ini, Aku masih belum mau Move On dengan acara Jumpa Penulis ini. Karena bener-bener dapat ilmu dari para Ahlinya langsung. Dengar-dengar tahun depan penulisnya lebih keren lagi. Mau tau siapa?? InsyaaAllah, Aku bisa berjumpa para  Penulis favoritku salah dua nya Kang Abik dan Andrea Hirata.
Semoga. Aamiin .

Beberapa Foto-foto di acara Jumpa Penulis yang keren bangeeet. Check it out ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Aku, teman-teman dan Kang Dewa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„







๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜™๐Ÿ˜™๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡










Senin, 24 April 2017

KEMEGAHAN-MU TEMPAT SUJUDKU (Part 3)

ISRA MI'RAJ 
Allah SWT berfirman:
ุณُุจْุญٰู†َ ุงู„َّุฐِูŠْۤ ุงَุณْุฑٰู‰ ุจِุนَุจْุฏِู‡ٖ ู„َูŠْู„ًุง ู…ِّู†َ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุงู„ْุญَู€ุฑَุงู…ِ ุงِู„َู‰ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุงู„ْุงَู‚ْุตَุง ุงู„َّุฐِูŠْ ุจٰุฑَูƒْู†َุง ุญَูˆْู„َู‡ٗ ู„ِู†ُุฑِูŠَู‡ٗ ู…ِู†ْ ุงٰูŠٰุชِู†َุง   ۗ  ุงِู†َّู‡ٗ ู‡ُูˆَ ุงู„ุณَّู…ِูŠْุนُ ุงู„ْุจَุตِูŠْุฑُ

"Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil haram ke Masjidil aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat."
(QS. Al-Isra' : Ayat 1).

Tak terasa, hari ini tanggal 24 April 2017 atau 27 Rajab 1438 Hijriyah bertepatan dengan Moment Peringatan Isra dan Mi'raj Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam.
Karena masih nyambung hari ini peringatan Isra dan Mi'raj, rangkaian ceritaku tentang Kemegahan-Mu Tempat Sujudku , Travel dan singgah ke Masjid untuk bersujud menunaikan Salat. Rencananya mau lanjut ke Cirebon, Belitung, Bandung dan lain sebagainya, tapi aku skip dulu. 

Aku ingin memotivasi diriku dan InsyaaAllah semua yang membaca ini. Sebagai Pengingat diri bahwa Salat itu adalah perintah yang utama bagi Umat Islam setelah mengucapkan Syahadat

PERINTAH SALAT
Riwayat tentang perjalanan malam Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam ditemani Malaikat Jibril. Nabi diangkat ke langit untuk bertemu langsung dengan Allah dan menerima perintah kewajiban salat terdapat dalam Kitab Hadits Shahih milik Imam Muslim.

Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku telah didatangi Buroq, binatang yang berwarna putih, lebih besar dari keledai tetapi lebih kecil dari bighal. kendaraan super cepat. 

Jibril membawa Nabi Muhammad naik ke langit dan tiap lapis langit berjumpa dengan para Nabi terdahulu, diantaranya Nabi Adam, Isa, Yahya, Yusuf, Idris, Harun, dan Musa. Semua mendoakan kebaikan untuk Nabi. serta yang terakhir menjumpai Nabi adalah  Nabi Ibrahim. Tibalah Nabi  di Sidratul Muntaha. 

Rasul bersabda:
Ketika dia menaikinya dengan perintah Allah, maka sidrah muntaha berubah. Tidak seorang pun dari makhluk Allah yang mampu menggambarkan keindahannya karena indahnya. Lalu Allah memberikan wahyu kepada dia dengan mewajibkan salat 50 waktu sehari semalam.

Apa yang terjadi?
Nabi turun dan kembali bertemu Nabi Musa. Dan beliau menyarankan untuk kembali kepada Allah meminta keringanan dan Allah mengurangi 5 waktu. Kembali lagi bertemu Nabi Musa dan dia mengatakan Umatmu takkan sanggup. Ayo, minta keringanan lagi. Kembali Rasul menghadap kepada Allah dan menawar. Kembali lagi Allah mengurangi 5 waktu salat dan Nabi Musa masih tetap mengatakan Umatmu takkan sanggup.

Nabi bersabda:
Aku masih saja bolak-balik antara Tuhanku dan Nabi Musa, sampai akhirnya Allah berfirman: 'Wahai Muhammad! Sesungguhnya aku fardukan lima waktu sehari semalam. Tiap 1 sholat fardu dicatat 10x lipat. 
Terakhir kali Nabi turun dan bertemu demgan Nabi Musa
Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan'. Nabi menjawab, 'Aku malu terlalu banyak berulang-ulang kembali kepada Tuhanku dan meminta keringanan."

Hikmah apa yang dapat kita petik, kita jadikan pembiasaan dan teladan perihal peristiwa ini?

CINTA

Peristiwa perjalanan spiritual tersebut menjadikan pengingat bahwa Allah yang Maha kuasa masih Cinta dan Sayang dengan Umat Nabi Muhammad. Dan Nabi rela berkorban untuk Umatnya meminta penawaran khusus agar sholat menjadi 5 waktu sehari semalam. bersyukur lagi Allah masih menambah pahala tetap sebanyak 50x untuk 5x waktu salat.

Semoga karena Cinta kita kepada Allah dan Rasul-Nya, Peristiwa Isra Mi'raj bukan sekedar Peristwa yang tiap tahun hanya lewat begitu saja.
Peristiwa ini sangat penting bahwa Kita sebagai Hamba diperintahkan untuk Sholat dan berbuat baik sebagai bekal di kemudian hari. Hidup sungguh singkat, yang Abadi ada di alam akhir , Pilihannya Surga atau Neraka. tergantung kita.

Belajar disiplin juga dari Sholat 5 waktu. dari kewajiban menjadi kebutuhan. Hati terasa hampa tanpa Sholat. 

Allah SWT berfirman:
ูŠٰูۤ€ุงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆْุง ุงุฑْูƒَุนُูˆْุง ูˆَุงุณْุฌُุฏُูˆْุง ูˆَ ุงุนْุจُุฏُูˆْุง ุฑَุจَّูƒُู…ْ ูˆَุงูْุนَู„ُูˆْุง ุงู„ْุฎَูŠْุฑَ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชُูْู„ِุญُูˆْู†َ    
"Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan agar kamu beruntung."
(QS. Al-Hajj: Ayat 77)

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 153, Allah berfirman:
ูŠٰุٓงَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆุง ุงุณْุชَุนِูŠْู†ُูˆْุง ุจِุงู„ุตَّุจْุฑِ ูˆَุงู„ุตَّู„ٰูˆุฉِ ۗ  ุงِู†َّ ุงู„ู„ّٰู‡َ ู…َุนَ ุงู„ุตّٰุจِุฑِูŠْู†َ
"Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."

Bersyukur, dulu saat aku kecil, Mamaku yang selalu mengingatkanku untuk sholat di awal waktu. Dan sekarang Belahan jiwaku yang selalu menuntunku hal yang sama.
Yuuk, perbaiki salat kita.
Selamat beribadah dan selamat berlibur ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜™















Minggu, 23 April 2017

KEMEGAHAN-MU TEMPAT SUJUDKU (PART 2)


Ku angkat kedua tangan 
Memohon karena rasa rindu
Rindu terhadap ayah
Serindu ingin tersungkur dan bersujud di Tanah suci
Tempat ayah terakhir berdoa dan memohon untuk mati dalam keadaan khusnul khotimah. 

Harapanku dapat diberikan kenikmatan 
Selayaknya Allah memberi kenikmatan kepada Ayah menyempurnakan lagi rukun islam yang ke-5.

Alam ciptaan-Nya pun begitu indah untuk kunikmati. 
Sebelum Allah memberI kesempatan.dan kujadikan ini sebagai salah satu rasa syukur atas Segala nikmat yang  telah berikan-Nya kepadaku
Menikmati segala keindahan dan sebagian kecil Ciptaan terbesar-Nya.
Dan tak kulupakan setiap moment untuk mencari dan dapatkan kemegahan-Mu tempatku untuk bersujud.

Allahu Akbar,  Segala kebesaran dan keindahan Ciptaan-MU 

Saat travel, Allah memberi kita kemudahan untuk menggabungkan dan menarik waktu Salat, namun takkan kulewatkan moment untuk mensyukuri nikmat-Nya yang sudah begitu banyak aku rasakan. salah satunya saat mencari tempat bersujud, Tempat kita salat. 

1. BALI
Di Bali, kata banyak orang sulit untuk menjalankan salat dan mencari makanan halal. ternyata mudah. Ada banyak Masjid. Aku mendapatkan kesempatan untuk sholat di beberapa tempat seperti di Mashid At-Taufiq, Brimob Tohpati dan Masjid Al Huda saat menuju Tabanan. Aku ambil foto ini dari google, karena saat itu lupa untuk mengabadikannya :) 


( Masjid At-Taufiq Brimob Tohpati)
gambar diambil dari:http://bali.muhammadiyah.or.id/berita-5147-detail-daftar-masjid-di-bali.html


(Masjid Al-Huda, Kec Kediri-Tabanan)
gambar diambil dari http://www.indoplaces.com/mod.php?mod=indonesia&op=view_region&cid=15&regid=2374


Saat kami menuju Danau Baratan, Kami singgah di Restoran bernama Mentari Restoran. View di Resto ini sungguh indah karena langsung dapat melihat danau Baratan. dingin dan berkabut. Resto ini mengingatkanku pada  Restoran Rindu Alam di Puncak Pass, dingin dan berkabut. Nah, tidak jauh dari Resto dan Danau, Ada Masjid yang bernama Masjid Besar Al-HIdayah Bedugul. Saat itu, kami hanya dapat melihat dari sisi Resto Mentari dan Danau Baratan. Subhanallah. Indahnya. Sayang, kami tidak menyempatkan sholat di Masjid tersebut. 


  http://www.alamy.com/stock-photo-the-big-mosque-masjid-besar-al-hidayah-and-the-shores-of-lake-bratan-93632456.html


2. YOGYAKARTA
Bicara travel ke Yogya, bagiku Travel ke Yogya tiap sudutnya bersahabat. persis seperti lagu yang dibawakan Grup Katon Bagaskara :)  dan selalu terasa kurang jika hanya 3-4 hari. 
untuk beribadah, Anda tidak perlu khawatir untuk menjalankan salat lima waktu. karena Yogya juga dapat dikatakan Daerah dengan sejarah, budaya dan islamnya yang kental. Organisasi Islam Muhammadiyah lahir di Kampung Kauman, Yogyakarta. 
saat travel ke Yogya, suamiku sempat sholat Jum'at di Masjid gedhe Kauman bersamaan dengan Wakil Presiden, Bpk. Yusuf Kalla berkunjung untuk sholat Jum'at juga tepatnya tanggal 1 Januari 2016. Senangnya travel sambil Wisata Rohani.


(Masjid Gedhe Kauman, Alun-Alun Keraton Yogyakarta)
Masjid yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1773 Masehi.

Di sore hari, inilah Masjid yang sangat kami ingin kunjungi. Alhamdulilah, akhirnya tercapai juga. Kami sholat Ashar di Masjid Jogokariyan.com. Masjid yang memiliki prinsip Manajemen : Melayani, Memahamkan ,Mensosialisaikan dan Tanggung Jawab. salah satu aktivis Masjid tersebut adalah Ustad Salim A Fillah. Kata Ustad Salim, masjid itu harus bisa mensholatkan orang hidup. bukan hanya mensholatkan orang yang sudah mati. Menurut Aku, apa yang terjadi dengan Masjid Jogokariyan itu keren. Dari  Masjid yang Jamaahnya cuma segelintir sekarang tiap waktu sholat ramai bahkan mampu menghidupkan/menafkahkan warga sekitar Jogokariyan. That's why aku dan suami sangat ingin menapaki dan bersujud di Masjid tersebut, dan Alhamdulillah, bukan hanya sholat, namun sempat mandi dan bersitirahat sejenak. Semoga kami dapat mencoba menginap di penginapan Jogokariyan di travel Yogya berikutnya ๐Ÿ˜

Hadiah Ulang Tahun untuk Suamiku, kesampaian juga salat di Masjid Jogokariyan
๐Ÿ˜๐Ÿ˜


Sebelum menuju Stasiun Tugu untuk kembali ke Jakarta, Kami sempatkan sholat Magrib di Masjid Besar Pakualaman. Jika melihat penampakan dari depan memang tidak seperti Masjid ya. namun setelah melihat ke dalam cukup luas. Sayang, aku tidak sempat foto bagian dalamnya. di Masjid ini, saat kami datang, aktivitas anak-anak mengaji seperti TPA juga ada, jadi cukup ramai.
( Masjid Pakualaman, Kauman Kec. Paku Alam, Yogyakarta)

Satu "Masjid" yang aku ingin tunjukkan adalah Masjid Aolia. Sebenarnya ini sudah tidak berfungsi untuk salat. Sejarah masjid ini cukup unik. Masjid yang berada Pantai Ngobaran. Pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Konon kabarnya, Masjid ini tempat imamnya mengarah ke selatan, ke laut lepas. Walaupun arah masjidnya ke selatan, warga sekitar yang melakukan sholat disana tetap mendirikan sholat dengan menghadap ke kiblat.

Pantai yang  memiliki beberapa  tempat peribadatan dari kepercayaan yang berbeda antara lain  Hindu, Kejawan, Kejawen, dan Islam. Menurut cerita, hal itu tidak lepas dari pengaruh kepercayaan kepada Prabu Brawijaya V. No Wonder selain ada bangunan Masjid, dii pantai ini juga terdapat banyak patung dan gapura bergaya Bali.  
Aku hanya foto-foto Masjid dan menikmati Pantai yang bernuansa Bali. Masyaa Allah sungguh indah ciptaan Allah .

(Masjid Aolia, Pantai Ngobaran yang menghadap ke Laut Selatan)

View dari dalam Masjid Aolia  

Nabi  Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: 
Barangsiapa yang memelihara sholatnya, niscaya sholatnya akan menjadi cahaya, hujjah, dan keselamatan baginya di hari kiamat. Barangsiapa yang tidak menjaganya, maka ia tak akan memiliki cahaya, hujjah, dan keselamatan. Di hari kiamat kelak akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubaiy bin Kholaf”. [HR. Ahmad dalam Al-Musnad (2/169), Ad-Darimiy dalam Sunan-nya (no. 2/301), Ath-Thohawiy dalam Al-Musykil (no. 3180 & 3181), dan Ibnu Hibban dalam Shohih-nya (no. 1467). Hadits ini di-hasan-kan oleh Al-Albaniy dalam Takhrij Al-Misykah (no. 578)]

Sesibuk apapun kita, jangan lupa sholat. bersujud dan memohon pada Sang Pencinta agar dimudahkan segala urusan. 

Bersambung yaa..
Di tulisanku berikutnya 
Saat travel ke Belitung, Bandung dan Bogor ๐Ÿ˜ƒ





Kamis, 23 Maret 2017

KENAPA AKU HARUS.....??


Bismillahirrahmanirrahiim
Segala puji bagi Allah tuhan semesta Allah
Yang maha pengasih lagi maha penyayang
Yang menguasai hari pembalasan
Hanya kepadaMu lah kami menyembah Dan hanya kepadaMu lah kami memohon pertolongan
Tunjukilah kami jalan yang lurus
Yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri Nikmat kepadanya
Bukan  (jalan) yang Engkau Murkai dan
Bukan pula jalan yang sesat


Kenapa aku harus bersedih?
Hampir 12 tahun pernikahan belum di karunia anak keturunan.
Aku hanya belum merasakan mengandung atau hamil dan melahirkan dari rahimku.
Sedangkan Allah sudah menghidangkan kenikmatan mendidik anak di rumah dan di sekolah. Memeluk dan bermain bersama mereka.

Aku punya suami yang baik dan perhatian serta yang selalu membimbingku dunia dan kelak untuk ke SurgaNya.Alhamdulillah

Kenapa aku harus  marah?
Ketika sampai sekarang masih ada yang "membully" kapan lo bunting punya anak? Payah loe ngga bisa bikin yaa ..sini gue ajarin๐Ÿ˜Š

Karena "mereka"  aku harus berterima kasih telah memberikan pelajaran supaya aku harus  kuat dan punya keyakinan hanya Allah yang mengatur dan berhak memberikan anak keturunan setiap pasangan yang menikah

Kenapa aku harus malu?

Padahal Nabi Zakaria saja diuji Allah, lama belum dikarunia keturunan sampai akhirnya Allah berikan Anak di usia yang cukup senja. Padahal, kita kenal Nabi Zakaria kurang sabar apa...


"Yaa Allah berilah kami keturunan yang baik.sungguh Engkau Maha pendengar doa."

Selama 11 tahun doa itu kami lafadzkan serta amalan lainpun tak lelah lidah ini untuk melantunkannya.

Bersenandung memohon Ridho Illahi Rabbi kami  dimudahkan mendapatkan anak keturunan yang sholeh dan sholehan.

Meminta ampun dan belas kasih agar Aku bisa hamil. Tapi nyatanya Allah masih sayang untuk berbuat hal lain yang lebih bermanfaat buat orang lain selain memiliki anak.

Sudah cukup rasa keluh kesah

Berdamai dengan semua hal yang terjadi itu awalnya cukup sulit
Jika aku bercerita perjalanan ikhtiar kami. Berobat sudah segala cara kami coba dari yang alternatif sampai dokter kandungan.
Dan hampir semua hasil, mereka bilang tidak ada masalah hanya perlu effort Olah raga yang cukup. Walaupun ada hasil, seperti sperma kurang bagus atau ada penyumbatan dalam rahim dan lain sebagainya, itu semua hanya alasan manusia secara logika. ANAK ADALAH HAK ALLAH.titik

Sekarangpun kami sudah berubah totally perihal menjaga kesehatan dan berat badan di banding sebelum-sebelumnya. semangat USAHA terus selalu ada.  Berharap semoga aku segera hamil ๐Ÿ˜‡.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan orang lain tentang anak..

Alhamdulillah di keluarga aku dan suami tidak terlalu ektrim karena orangtua kami sudah memiliki cucu. Dari keluargaku sudah ada 6 cucu dan dari suami sudah ada 5 cucu pas buat kesebelasan hehe.

Berdamai dengan rasa "melihat" teman atau saudara yang punya anak cepat memang cukup lama. Sering kali,ditengah kabar gembira teman atau ipar ya melahirkan,aku malah diam-diam menangis di kamar. Alhamdulillah,seiring berjalannya waktu, bulan dan tahun, aku dan suami saling support untuk saling menguatkan dan mencari kegiatan yang lebih positif seperti ta'lim, olahraga dan jalan bersama.


Anak adalah suatu kebahagiaan dari sekian banyak kebahagiaan dalam berumah tangga.
Ketika belum memiliki anak, salah satu kebahagiaan berumah tangga selain beribadah karena-Nya adalah kita memiliki hobby yang sama.


Tahun ini, di bulan Juli insyaaAllah tahun ke 12 kami menikah
Yeey anniversary lagi 
Semakin usia pernikahan kita bertambah.. alhamdulillah semakin banyak Allah berikan nikmat "yang lain" melebihi Anak
Mungkin Allah saat ini belum memberikan anak
Namun Allah memberikan nikmat dan keberkahan dari sisi lain.

Aku yakin.. masih banyak kasus yang sama seperti aku dan suami di luar sana dan  tetap hidup bahagia.

Life as we know it

Ada banyak anak-anak kami yang Allah titipkan
Mereka anak anak yang kehilangan ayah/ibu karena meninggal dunia


Ada keponakan-keponakan kami yang sangat dekat melebihi kedekatan mereka kepada orangtuanya


Ada anak-anak yang lucu dan pintar tempat aku mengajar



Yang terpenting bagi kami
  • Tetap support apa yang menjadi kelebihan pasangan dan bukan fokus pada kekurangan
  • Sering melakukan hal yang  membuat kita dan pasangan makin dekat dan makin ber "chemistry" serta quality time berdua. Biar serasa yang lainnya ngontrak hehe
  • Intinya libatkan terus Allah, minta dan minta. Tak lelah BERDOA BERUSAHA serta BERSERAH DIRI KEPADA ALLAH yang maha mengetahui yang terbaik buat hambanya.
Mungkin ada banyak pasangan yang seperti kami, belum dikarunia keturunan. Kenapa harus bersedih..?? Yakinlah Allah berikan di waktu yang paling indah...

Semangat berusaha 
Dan semangat Romantis selalu bersama pasangan 

❤Hani_Wiwit